FITUR DIMESIN RADIATOR DLM MENDIAGNOSA SILINDER BOCOR


INFORMASI UMUM.
Sekarang banyak sekali ATPM sepeda montor mengeluarkan prodak2 motor yg beradiator. Karena di mesin radiator panas mesin lebih stabil dg adanya termostat yang menjaga suhu mesin dan dekatnya boring/linear pd pedingin (water jacket radoator) sehingga lebih cepat medinginkan mesin dari pada mesin tanpa beradiator/udara. sirip2 pendingin berada jauh dg boring (diluar silinder) manjadinkan pelepasan panas lebih lama.

senampakan boring macan, sek gae radiator(water jacket)
Sebelah boring/linear lansung berhadapan dg water jaket.

silender blok tanpa radiator
silinder blok tanpa radiator

Kestabilan suhu ini yg membuat pabrikan montor berani mematok perbandingan kompresi yg lumayan tinggi (+10:1) yang menambah efisiensi pembakaran d ruang bakar (bisa lebih hemat).

Selain kelebihan diatas ternyata mesin beradiator juga mempunyai fitur tambahan yg tidak ada di mesin berpendingin udara.
Fitur itu adalah peganalisa bila sambungan antara silinder kop dan silinder blok bocor yg bisa menyebabkan kompresi turun, susah d nyalakan, kelo lebih parah bisa “bandang” (mboh boso Indonesiane opo??).
Fitur itu adalah bila kita menjalankan mesin beradiator tiba (ga ene jine) air dalam reservoir radiator bertambah, bisa dimungkinkan sambungan kop silinder bocor, sehingga kompresi ruang balar masuk kedalam water jacket mendorong air yg didalamnya untuk keluar, karena saluran keluarnya terhubung reservoir radiator.
Bila anda menemukan hal itu segera bongkar mesin lihatlah pak/gasket dalam keadaan baik atau permukaan silinder kop dan blok dalam keadaan rata.
Fitur ini sangatlah membantu ketimbang anda harus melihatnya dari warna oli yg berubah warnanya menjadi coklat ZUZU..xixixixixi
Ya itulah bahasan saya. Saya sebut “INFORMASI UMUM” karena banyak tg udah tahu (ga tau pengen nulis apa)
Saya tunggu masukan..tapi masukannya jarngan dari belakang hihihihiihihihiihi

6 thoughts on “FITUR DIMESIN RADIATOR DLM MENDIAGNOSA SILINDER BOCOR

    • emang mas dalam radiator itu ribet, tp ada kelebihan radiator yaitu:panas mesin lebih stabil krn bisa diatur oleh thermostat, dan juga mesinradiator gampang melepas panas krn water jacketnya kebanyakan sebelahnya boring

mahon masukan komeng, saran, kritik..matur suwun

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s