#BILA KOREKAN 2TAK DI JADIKAN PANDUAN KOREK 4TAK


Pada masa lampau sempat 2 tak berjaya di ajang balap (dudu balap karung hehehe), terutama di lomba road race. dan ketika itu 2 tak sempat naik daun karena besarnya tenaga (pada teorinya 2 tak bisa menghasilkan tenaga 2 kali lebih besar timbang 4tak)menjadikan tunggangan 2 tak pilihan arek-arek nom, termaksud saya.llaannjjooottt

Tapi seiring dg program udara bersih(mboh opo jenenge, pokoke ene green-greene) 2tak mulai ditinggalkan dan 4 tak mulai merajai di kancah permotoran Indonesia bahkan dunia.

Ternyata korekan 2tak dan 4 tak meh podo atawa sama.  Sering mekanik 2 tak merubah exhaust port dg cara memperbesar lubang buang terutama menaikan lobang buang agar gas buang cepat keluar. Tetapi epek dari diangkatnya lubang buang ternyata mengurangi tekanan kompresi ruang bakar dan mensisatinya dg menyekrap silinder kop ingat hanya silinder kop dlm 2 tak karena kalo pantat/bokong silinder blok bisa merubah keseluruhan portingan yg ada. Ini juga terjadi dalam 4 tak bila kita merubah durasi noken as terutama tojolan exhaust agar lebih cepat keluar gas buang juga akan mengurangi tekanan kompresi.

langkah buang 2tak

lubang buang 2tak

Jika  2tak ada lubang bilas/tranfer berguna untuk membilas gas buang keluar dan di gantikan gas bakar baru, ternyata di4tak juga ada, yaitu ketika overlap klep,atau ketika klep masuk masih terbuka sedikit(belum menutup keseluruhan) dan lubang buang sudah terbuka walau sedikit.

Jadi kita lihat ada persamaan antara 2tak dan 4 tak dalam mengkorek mesin terutama di ruang bakar

Yah itulah tulisan saya

Mohon masukane

6 thoughts on “#BILA KOREKAN 2TAK DI JADIKAN PANDUAN KOREK 4TAK

mahon masukan komeng, saran, kritik..matur suwun

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s