#SYARAT SYARAT BORE UP DENGAN SQUARE UP


Bore up square up adalah mengganti piston asli dg piston diameter lebih besar, tidak jarang pelaku square up mensibtitusikan piston aslinya dengan motor lainya.

Tentu ada syarat yang harus di jalankan sebelum melakukan ritual itu :mr green:. Diantara syarat itu adalah off set piston yang sama, tapi saya akan menjelaskan apa itu offset piston.

Pada mesin bakar gerakan linear piston dirubah menjadi gerakan radial oleh bandul kruk as, dalam pergerakannya terjadi gesekan yg di pengaruhi posisi kemiringan silinder. sehinnga sering salah siji sisi (iso bag bawah atau atas yg peling banyak bergesek). ย Untuk mengurangi gesekan tersebut di atur pen piston (small end) tidak berada di tengah, tetapi lebih condong ke atas (+) atau ke bawah (-), +- 70% motor indonesia menganut offset plus (+).

hako146-0 (1)

Gbr drย http://ute73racing.blogspot.com/

Dan bila kita mengganti piston yang offsete berbeda jauh(bahkan sama offset (+)) bisa merusak borin, piston pada motor. Kejadian ini pernah di alami Tim Fuchs-SKF- Yamaha Star motor di tunggangan Hokky Krisdianto, pada awal awal 4tak boming(tahun:2005), Mereka memakai piston Kaze os 100 di JupiterZ. Pistone hancur lebur menjadi bubur ๐Ÿ˜† karena kontruksi kemiringan mesin Kaze dg JupiterZ berbeda. ๐Ÿ˜ฏ

Ya itulah tulisan saya

Mohon masukane lurrr, matur suwun ๐Ÿ˜Ž

11 thoughts on “#SYARAT SYARAT BORE UP DENGAN SQUARE UP

  1. takon serius iki Lek, nek ganti piston tapi lubang pen beda ukuran solusine piye? crystalku wes os100 mau tak boreup pake piston satria, tapi pennya beda ukuran

    • make pen bosh2an bikin de tukang bubut, tapi pengalamanku agak susah memasang pen bosh2an. Apa penjang piston crystal dg satria sama??soale 2tak piston sebagai masuk keluar gas bakar(koyok klep4tak)

      • kalo lubang disetang seher yg digedein aman gak ? (setang pake SGP), lha bedane mung 1mm thok, masalah panjang piston beda palingo ganjal silinder, memang resiko jarak porting berubah

      • kompresi primer turun akibat ganjel silinder dikompensasi sama diameter piston gede, cmiiw
        tapi tujuan utama ganti piston satria bukan performa, tapi sekedar ‘memperpanjang’ usia crystalku Lek, ganti silinder luarang, golek loakan yo angel, shok buring? kagak dah

Tinggalkan Balasan ke Erit07 Batalkan balasan