#CARA MENGECEK KOMPRESI PRIMER/BAWAH MESIN 2TAK


Mengecek kompresi primer lebih angel atawa sulit butuh kejelian yang lebih, dari pada mengecek kompresi atas / sekunder. Kalo ngecek kompresi sekunder sih gampang tinggal dislah keras apa jadi loyo.

Kalo kompresi primer bocor, kita stater dengan sikil juga masih terasa keras/akazz (bosone lik Wahyudi batang😆 ), tetapi ada tandanya. tandanya itu adalah:

  1. Oli mesin berkurang terus. Karena oli mesin akan nyelonong masuk keruang bakar.
  2. Ada campuran bensin di oli mesin karena gas bakar keluar dari kalter, bercampur oli mesin.
  3. Stelan karbu terasa miskin tapi tidak miskin hati😆 atau lean (seperti membran/reed valve bocor) walau sudah di stel basah/rich
  4. Gas bakar keluar dari moncong karbu lebih sedikit dari biasanya, karena tekanan kompresi di ruang kalter berkurang.
  5. Mbeluk tambah banyak soalnya oli mesin nrobos ke ruang kalter.
  6. dan tentunya motor jadi loyo dan boros.

Bila kita menemukan tanda – tanda itu dang sebaike di bawa ke bengkel atau di lem biru😛, karena bisa saja itu adalah gejala kompresi primer bocor.

Ya itulah tulisan saya

Mohon masukane lurr…matur suwun😎

6 thoughts on “#CARA MENGECEK KOMPRESI PRIMER/BAWAH MESIN 2TAK

  1. diselah sambil moncong karbu ditutup pake tangan, kalo terasa kurang nyedot berarti bocor. biasanya kalo bocornya sedikit mesin masih bisa nyala tapi minta rpm tinggi terus, kalo sudah bocor total saat congor karbu ditutup nggak ada sedotan babar blas, dan mesin nggak akan bisa nyala
    biang kerok kebocoran yang paling sering adalah seal kruk as sebelah kiri (yang ada magnetnya) sudah loyo
    #pengalaman dengan crystal buluk saya# :mrgreen:

mahon masukan komeng, saran, kritik..matur suwun

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s