#FUNGSI MAP INJEKSI SEBENARNYA


Pemikiran ini muncul ketika saya donload user manual piggyback BRT Imax Juken. Di bagian halaman 3 terdapat tulisan:


Graphic14

Lho kok MAP (Maningfold Absolute Presure) memberi informasi ke ECU kapan langkah hisap, dan kan sudah ada ensor posisi crankshaft (CKP)???

Lur dalam  4tak ada 2 kali puteran crankshaft (2×360′) dalam satu siklus, sehingga  langkah hisap (langkah hisap : dari TMA menuju TMB dan menutup setelah bergerak dari TMA sedikit), bisa saja langkah itu adalah buang (setelah langkah kerja piston bergerak dari TMA ke TMB dan mulai klep buang membuka hingga melewati TMA sedikit,  ). Nah dari situ kita lihat posisi piston yang sama tapi beda langkah, bisa langkah hisap atau buang. Bahkan di mesin balap langkah hisap bisa terjadi piston sebelum ke TMA sudah terbuka sedikit.

Nah bagaimana bila di mesin Honda Pario😆 125 yang tidak menggunakan MAP.  Informasi langkah berlangsung didasari pada saat langkah kompresi kecepatan piston akan berkurang karena melawan kompresi mesin. (ada juga yang aneh lho..tonjolan dimagnet Vario 125  untuk pulser juga  tidak ada😛 ,  kapan – kapan saya akan jelaskan ini:mrgreen: )

Ya itulah tulisan saya

Mohon masukane lurr…..matur suwun😎

7 thoughts on “#FUNGSI MAP INJEKSI SEBENARNYA

mahon masukan komeng, saran, kritik..matur suwun

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s