Lurr sekarang ini banyak sekali mesin 4 tak yang menggunakan vakum untuk pengefisiensikan bahan bakar sebelum di ganti dengan injeksi.
Tapi kita tidak pernah melihat mesin 2 tak menggunakan karburator vakum (sepengtahuanku lhoo 😆 ). Kenapa penomena ini terjadi???*hayah lebay .
Kita pernah bahas di artikel sebelumnya ( https://cumabelajarngetik.wordpress.com/2012/05/10/mengapa-karburator-2-tak-congore-lebih-gede/ ) di situ kita lihat bahwa hisapan 2 tak tidak sekuat 4tak, karena siklus 2 tak hanya 1 kali puteran poros engkol dalam satu skluse, sehingga pada langkah hisap hanya sebentar ( bermula dari TMA setelah melawati porting tranfer / bilas dan berakhir setelah piston dr TMB ke TMA menutup porting tranfer / bilas ) . tidak seperti 4 tak langkah hisape dowoooo ( dari TMA menuju TMB dan menutup setelah bergerak dari TMA sedikit),
Dan bila kita menggunakan karburator vakum di 2 tak, skep pada karburator akan kurang mengangkat kurang poll 😆 , sehingga tenaga akan tertahan.
Itulah tulisan saya lurr..
Mohon masukane..matursuwun 😎
nyimak aja gan, nice inpoh
http://sarikurnia980.wordpress.com/
oh ngono tho .. analisa apik kui hihi
main om ke blog saya
suwun 😀
sami sami…oke ke tekape 🙂
tapi mestinya bisa kan dibuatkan karbu vakum khusus 2 tak yang dapat bekerja pada tekanan/kevakuman (atau apalah bosone) rendah. kurang ngangkat karena diasumsikan pake karbu vakum untuk 4 tak.
oh ya, rekues pembahasan kenapa venturi karbu 2 tak bulat sedangkan 4 tak lonjong (karbu GL series misalnya)
mmmmm…bisa bisa
Simak…
monggo