#SEAMLESS SHIFT GEARBOX / ZEROSHIFT GEARBOX


Lurr.. dalam tranmisi biasa penggantian gigi yang kita inginkan memakan waktu *gragas berati “waktu”  dimaem😆 , yang lama, dan dibentuklah sistem DCT ( Dual Clutch Tranmision) untuk menyingkatnya. Lihat : https://cumabelajarngetik.wordpress.com/2013/06/07/transmisi-matik-mobil-iii-dual-clutch-gearbox-dct/.

Memang pemakaian DCT memepercepat waktu pergantian gigi tranmisi, tetapi kontruksi dan komponen yang ada didalamnya sangat banyak sehingga berat gearbox tranmisi menjadi bertambah.

Agar penggantian gigi tranmisi berlangsung cepat, dibuatlah sistem Seamless Shift Gearbox ( SSG) yang kontruksinya jauh lebih sederhana dari DCT sehingga bisa ringan entu gearbox😛  dengan pengantian giginya hampir menyamai kecepatan DCT.

Cara kerja:

Dalam kerja tranmisi biasa yang sederhana , as transmisi yang terbagi dua : as tranmisi primer (as yang langsung terhubung rumah kopling ) dan as tranmisi pembalik ( as yang berhubungan dengan final gear / gir rante roda.
Disetiap as tranmisi padsa umunya mempunyai 2 gigi : gigi geser dan gigi putar. Ada juga sih yang mempunyai gigi mati.

tranmisi 1

tranmisi2

tranmisi Honda Grand

Gigi geser : gigi yang bisa bergeser tetapi gak bisa berputar bebas ( puterannya manut as tranmisi ) yang berguna untuk mematikan gigi putar, sesuai dengan gigi putar yang kita inginkan. sering disebut “dog gear” karena hanya bisa bergerak lurus, tetapi gak bisa berputar kiri kanan😛

Gigi putar : gigi yang bisa berputar bebas, dan mempunyai pasangan dengan ke2 as tranmisi sebagai perbandingan gigi, agar torsi keluar sesuai dengan kita inginkan.

Antara gigi putar satu dengan lainya mempunyai jarak yang  berjauhan, sehingga gigi geser mempunyai waktu yang lama dari merelease gigi sebelumnya dan mematikan gigi yang kita inginkan.

Agar mempersingkat waktu pergantian gigi persneleng maka jarak antara ke sua gigi puter diberi jarak yang sangat dekat,  sehingga ketika gigi  geser bergerak maju mundur, tidak bergerak jauh yang akan membuat pengantian persneleng lebih cepat dari pada tranmisi biasa.

Tetapi pembuatan kontruksi  SSG harus dipikirkan secara matang, karena kalau misalnya gigi geser gagal / salah dalam pergerakannya bisa langsung mengenai gigi putar (biasanya kesalahane fork pemindah gigi geser yang terhubung botol shift drum kurang menggerakan gigi geser) sehingga bisa rompal, hancur jadi bubur *kalo ini lebay😛. Apalagi ketika RPM tinggi yang dimana as tranmisi mesin masih bergerak karena masih ada momen puntir walau kopling sudah putus.

Itulah yang membuat Lin Jarvis (mekanik Yamaha Moto GP ) mengkuatirkan pemakaian SSG pada motor garapannya, karena bisa membahayakan pengendaranya.

Itulah tulisan saya…

Mohon masukane lurr..matur suwun😎

16 thoughts on “#SEAMLESS SHIFT GEARBOX / ZEROSHIFT GEARBOX

  1. seperti yang bro wacanakan diatas,yamaha M1 telah mencoba SSG tetapi belum sepenuhnya paten,krn setelah di coba rossi masih ada kendala utk pergantian transm.;sangat berbeda dg honda yg telah lebih dulu memakai SSG.tetapi dr waktu yg tercatat tidak terlalu jauh dr waktu record honda

  2. waduh kayaknya sualah bgt mas penjelasan ssg nya, bukan memperpendek jarak antar gigi supaya lbh dkt.ini mengarah ke teknologi yg advance bgt.ssg utamanya mengurangi timbulnya hentakan torsi yang disebabkan output mesin.jadi malah merupakan perantara antar gigi yang akan di tinggalkan dan gigi yang akan dipakai,contoh gigi 1 akan di shift ke gigi 2

    • begini mas maksud dari SSG utamanya bukan untuk mengurangi hentakan tetapi mempercepat pergantian gigi (biasanya sistem konvensional perpindahan gigi sangat lama)karena dg perpindahan gigi yg lama dpt menurunkan RPM yg tajam karena tenaga harus terputus terlalu lama ketika shift gear dan itu bisa dilakukan oleh sistem DCT(tetapi sistem DCT tidak boleh di motogp karena regulasi)nah karena sangat cepat bahkan hampir berkesinambungan sehingga hampir tidak ada yangterputus tenaga dr mesin ke tranmisi menyebabkan yang deselrasi bila RPM turun tajam sehingga lebih smooth (bisa kita anggap ini salah satu keuntungan sampingan ), lih : http://www.zeroshift.com/assets/pdf/Australian%20Motor%20Cycle%20News%20May11.pdf
      nah kalo diartikel: http://www.formula1-dictionary.net/seamless_gearbox.html di jelaskan:
      Seamless gearbox

      In a racing gearbox, drive is transmitted from the input shaft (direct from the engine) via toothed dog rings that sit between the gear pairs and are moved from one gear to another by the selector fork. Owing to the speed of the differential, the power has to be interrupted while the dogs disengage from one set of gears and bind with the next.
      You do that by backing off the throttle (in F1, the electronics cut the ignition briefly). Even so, the torque surge as the engine moves almost instantaneously to a lower part of the rev range puts a strain on the gearbox internals and can actually break driveshafts, especially if the rear wheels are oscillating – such as happens if the driver changes gear on a rumble strip or over bumps.
      The dynamic torque peaks during a gear change can be 10 times the static torque; if the timing is out and is not PERFECT, those forces can chip or strip the teeth of the dog and gear rings. And, as teams seek to shave fractions of a second from the shift time, the risks increase.
      bahwa percepatan penggantian gigi dapat meningkatkan risk, walau ada quick shifter controlkarena masih ada momen puntir yg besar di tranmisi.

  3. untuk lbh jelasnya coba baca seamless gearbok-f1 dictionary.ada gambar, simulasi n penjelasan yang sip bgt.jadi intinya ssg merubah karakter perpindahan gigi menjadi tanpa JEDA! bukan semata menjadi lebih cepat atau QUICK SHIFT saja.kalo lebih cepat saja tidak perlu sampai pakai ssg cukup pemindahnya yang dipercepat. tapi ssg menjadikan perpindahan transmisi manual hampir seperti cvt matic alias TANPA JEDA. o ya teknologi ini diawali dari f1 terutama di buat pertama kali oleh tim william kemudian ditiru tim2 lain toyota dsb, terutama honda paling getol.jadi yang bilang ssg yamaha itu nyontek honda silahkan dibaca asal usul ssg.semoga bermanfaat

mahon masukan komeng, saran, kritik..matur suwun

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s