Sering pertanyaan pengendara roda 2 maupun roda 4, belum ada sih pertanyaan dari pengendara ruda 1 π , yang mengeluh kendaraannya sulit ganti gigi ( shift gear ).Lurr..dalam pengantian gigi, gigi geser berpindah melepaskan gigi putar sebelumnya dan mengunci gigi putar yang kita inginkan. Oh ya sebelum itu yang belum tahu apa itu gigi geser, gigi putar, as treanmisi primer dan sekundaer, monggo lihat :Β https://cumabelajarngetik.wordpress.com/2013/07/24/seamless-shift-gearbox-zeroshift-gearbox/Β )
Dalam melepaskan dan mengunci gigi putar oleh gigi geser , kopling harus dalam keadaan bebas tidak saling berhubungan antara pelat kopling dan kampas kopling agar as tranmisi primer berhenti.
Bila kopling belum benar benar bebas, maka as tranmisi primer akan tetap bergerak dan gigi geserpun sulit bergerak untuk mengunci gigi putar Β yang kita inginkan. (Seperti kita memasukan sesuatu kelubang, tentu lebih sulit ketika bergerak).
Maka bila kendaraan anda sulit untuk mengganti gigi, coba cek daerah kopling, bisa saja setelan kopling kita kurang menekan kopling ( Bahasa bengkel pinggir jalan : kurang nyetut)
Stelan kopling manual / tangan
Stelan kopling otomatis
Dan bila terus menerus tidak kita benarkan, tidak mustahil gigi tranmisi kita rompal.
Itu salah satu penyebab kendaraan kita sulit untuk mengganti gigi. Kalo ganti gigi di gusi..eemmbboohhh π
Itulah tulisan saya…
Mohon masukane lurrr …. π
sip2..nambah ilmu nih mbah π
matur suwun mas uadah berkunjung kemari
kalo pas udah gigi 3 sama gigi 4 pas d gas pada rpm tertentu ngeden itu knp om?
biasanya stelan karbu ne om jadi main jet (org bengkel jalanan bilang spuyer bensin) kekecilan..coba cekkarbu dg filterkarbu pean buka..teruse ketika digas..coba karbu sampean bekap/tutup sedikit dg tangan..kalo mesin ketika ditutup makin teriak berati main jet kekecilan
bukan masalah di koplingnya om?
soale rasane kayak pas jalan terus perseneling diinjek di tahan
kemungkinan gejala slip kopling mas..coba sampean rem depan belakang..sampean masukin gigi 1..sampean gas..kalo di gas RPM gampang naik..berati ada slip dikopling..kopling slip bisa terjadi kalau kita menyetel stelan kopling terlalu menekan (terlalu nyetut)
ok makasih om
Kampals,sling kopling juga ngaruh..yo brayy
kalo sling sih ga begitu ngaruh..cuma kadang jadi keras
tapi…
ojo sering otak atik setut dewe..
serahkan pada ahlinya…
http://bakulkangkungjpr1.wordpress.com/2013/08/01/moto-gp-ternyata-rossi-ogah-ke-suzuki-jika-kontraknya-di-yamaha-berakhir/
bener lik
wah…komenku ilang…
nmooossookkk π
hadir
monggo mas
monggo mas
sip ajib infone kang π
matur suwun mas
info bagus bro π tambah ilmu oy .
setelan kopling suzuki hayate manggone neng ngendi yo ? angel pindah gigi, mulane kawet start nganti gas pol gigi 1 terus rak nambah-nambah
de bak kopling kanan om
mirip kasus keboku
mocinku yo maune ngono mz dhan,jebule baut gas(apa mbuh jeneng teknike) ke kencengen yo wis tak kendoni,saiki wes lancar jaya, yang servis ngracuni……ehh
thanks suhu , megison aman π
wuooo ngunu to..tak njajal lek ngunu,suwun msbrooo
nuwun ommm π
sami sami
iya bener, aku dulu pernah dikerjain hahahasyem!
joz..lurr