KENAPA 2TAK PISTON JEBOL, PERFORMA TIDAK TURUN JAUH


Ketika aku cangkruan dibengkel konco, koncoku ngomong bahwa kalau 2tak seker/piston jebol performa tidak menurun seperti 4tak.:mrgreen:

Lur, kalo dilihat cara kerja 2tak hal itu tidak mustahal, bin mustahil😛 .

Seperti kita ketahui di mesin 2tak terdapat 2kompresi: kompresi primer, dan kompresi sekunder. Kompresi primer/bawah terjadi pada saat piston menuju ke atas dari TMB (Titik mati Bawah) menuju TMA (Titik Mati Atas) bensin masuk ke daereh crankcase, dan bensin menuju lubang tranfers dan dilanjut kompresi primer diruang bakar yang terjadi ketika piston membuka lobang tranfer bilas  menuju TMB.

Gbr kompresi primer dan kompresi sekunder

SIKLUS MESIN 2 TAK

http://dedelupa.blogspot.com/2011/03/basic-2-stroke-tuning.html

Ketika bensin mengalir di kompresi primer, masih terdapat inersia/kelebaman sehingga membantu pemasukan bahan bakar menuju ruang bakar.

Ini tidak seperti 4tak yang murni behan bakar masuk karena hisapan piston diruang bakar, sehingga bila piston rusak di 4tak hisapane akan berkurang jauh, dan kompresi akan berkurang jauh karena di belakang piston adalah ruang oli mesin tidak bersekat, tidak  seperti 2tak, yang mempunyai sekat dengan ruang oli mesin.

Itulah kenapa sering dimesin 2tak walau seker jebol performa masih bagus (penurunane mung saitik)

Itulah tulisan saya….mohon masukane lurrr…..matur suwun😎

 

21 thoughts on “KENAPA 2TAK PISTON JEBOL, PERFORMA TIDAK TURUN JAUH

mahon masukan komeng, saran, kritik..matur suwun

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s