#KENAPA 4TAK DITANJAKAN LEBIH KUAT DARI 2TAK???


Sering kita lihat atau rasakan, bila kendaraan 2tak biasanya di jalanan menanjak kurang bergigi (ompong po’o?? šŸ˜† ) dibanding 4tak. Kenapa ini bisa terjadi ā“

Lurr dimesin 4tak torsi di RPM bawah lebih gede dibandingkan 2 tak berfunsi untuk membantu siklusnya dalam menghasilkan tenaga. Karena di siklus 4tak, harus menggerakan komponen yang lebih banyak daripada 2tak (nokenas, klep, tamplar).

Selain itu dimesin 4tak kita inget dalam menghasilkan 1 tenaga, piston harus bolak balik dua kali puteran bandul dalam siklusnya, sehingga butuh torsi bawah yang kuat agar piston tidak berhenti karena kekurangan momen puntir. Sedangkan 2tak hanya satu kali puteran bandul dalam melakukan siklus keseluruhannya, sehingga tidak butuh momen puntir yang besar. (btw karena siklus 2tak yang singkat menjadikan 2tak susah mengaplikasikan injeksi :mrgreen: )

Dan itu yang menyababkan torsi bawah biasanya 4tak lebih kuat daripada 2tak, dan bila vespa 2tak lebih kuat menanjak karena vespa 2tak kipase terbuat dari wesi sehingga membantu bandul kruk as dalam meningkatkan torsi.

Itulah tulisan saya …

Mohon masukane lurr..matursuwun.. šŸ˜Ž

20 thoughts on “#KENAPA 4TAK DITANJAKAN LEBIH KUAT DARI 2TAK???

    • kalo bandul di perberat torsi meningkat tapi aklerasi/pencapaian RPM agak lambat/ kurang reponsif, karena suatu benda yang bergerak mempunyai momentum(mempertahankan keadaan semula) kalo di bandul momentum puntir,kalo momentume besar benda itu akan mempertahankan kecepatan puntirnya sehingga kurang reponsif tuk mencapai RPM tinggi šŸ˜€

mahon masukan komeng, saran, kritik..matur suwun