Sering kita lihat atau rasakan, bila kendaraan 2tak biasanya di jalanan menanjak kurang bergigi (ompong po’o?? š ) dibanding 4tak. Kenapa ini bisa terjadi ā
Lurr dimesin 4tak torsi di RPM bawah lebih gede dibandingkan 2 tak berfunsi untuk membantu siklusnya dalam menghasilkan tenaga. Karena di siklus 4tak, harus menggerakan komponen yang lebih banyak daripada 2tak (nokenas, klep, tamplar).
Selain itu dimesin 4tak kita inget dalam menghasilkan 1 tenaga, piston harus bolak balik dua kali puteran bandul dalam siklusnya, sehingga butuh torsi bawah yang kuat agar piston tidak berhenti karena kekurangan momen puntir. Sedangkan 2tak hanya satu kali puteran bandul dalam melakukan siklus keseluruhannya, sehingga tidak butuh momen puntir yang besar. (btw karena siklus 2tak yang singkat menjadikan 2tak susah mengaplikasikan injeksi )
Dan itu yang menyababkan torsi bawah biasanya 4tak lebih kuat daripada 2tak, dan bila vespa 2tak lebih kuat menanjak karena vespa 2tak kipase terbuat dari wesi sehingga membantu bandul kruk as dalam meningkatkan torsi.
Itulah tulisan saya …
Mohon masukane lurr..matursuwun.. š
bobo gan š
enggeehh š
walah..pantesan kmarin ndeleng pespa sing ono sespane kuat nanjak tretes…padahal sespane juga berpenumpang… joss mbah Dhany… š
nah tuh, vespa 2 tak memang berotot buat tanjakan,
berarti ada pengecualian ya buat vespa.
ya om, soalnya momen puntir vespa kebantu kipas pendingin
tapi aku pernah njajal king kok masih enak ya mas, dibanding motor 150cc 4 tak lain.
di tanjakan apa tidak???
sayang saya nyari kurva torsi 2tak dan 4tak ga ketemu..kalo ada lebih jelas entar š
najak juga, tapi gak nanjak-nanjak banget sih, gak tau berapa derajat
untuk nambahi torsi, bandul diperberat, tapi dgn konsekwensi akan mengurangi RPM, opo yo ngono om…
kalo bandul di perberat torsi meningkat tapi aklerasi/pencapaian RPM agak lambat/ kurang reponsif, karena suatu benda yang bergerak mempunyai momentum(mempertahankan keadaan semula) kalo di bandul momentum puntir,kalo momentume besar benda itu akan mempertahankan kecepatan puntirnya sehingga kurang reponsif tuk mencapai RPM tinggi š
dan tidak mengurangi RPM hanya reponsife yang berkurang
ngomog opoo……
emboh š
tapi di daerah pegunungan banyak juga ojek pake rx series, saingan ojek gl series
bagaimana dengan perbandingan sproket gir rante depan belakang???
2tak injeksi, kalo gak salah RSW250 tapi direc injeksi, injektor di kepala silinder dan akan nyemprot bensin saat piston mendekati tma dan semua porting tertutup
vespa 2 tak ono ‘roda gila’ ne.. š
yo mas kipase kui sebagai pengganti roda gila
kalo tiap artikel disertai gambar malah lebih bagus mas…saya ikuti terus blog ini
heheh bingung mas nyari gambare š