#PENGARUH PANJANG DAN PENDEK KNALPOT


Lurr, mungkin tulisan iki menjadi pendoman bagi kita ketika mengganti knalpot ori kita dengan knalpot aftermarket atau mengganti dengan knelpot motor lain.

Dalam pembuatan knalpot, panjang knalpot mempengaruhi peak power di RPM kita yang kita inginkan keluar. Adapun rumus mencari panjang knalpot berdasarkan peak power di RPM mana. Menurut perhitungan dari buku garapan Graham Bell (dudu mbahku😆 , monggo didonlot: https://cumabelajarngetik.wordpress.com/2012/05/13/performance-tuning-in-theory-practice-racing-engine-design-hot-rod/ :cool: )

P=( 850.ED/RPM) – 3

Dimana P= panjang pipa(inchi), ED=180+derajat bukaan klep buang sebelum TMB, dan RPM= puteran mesin yang kita inginkan mengeluarkan peak powernya.

Dari perhitungan diatas bisa kita lihat, bila makin panjang knalpot makin bagus untuk RPM atas (napas dowo), bila knalpot pendek  makin bagus untuk di RPM bawah.

Itulah tukisan saya.

Mohon masukane lurrr…matur suwun…….😎

22 thoughts on “#PENGARUH PANJANG DAN PENDEK KNALPOT

mahon masukan komeng, saran, kritik..matur suwun

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s