#TURBOCHARGER LEBIH BERMANFAAT DIMESIN INJEKSI


Turbocahrger memberikan pasokan udara tambahan ke ruang bakar, akhir – akhir ini sering digunakan kendaraan bermotor, yang sudah memakai injeksi baik bensin maupun diesel ( dari dulu diesel itu injeksi 😆 ). Selain menambah tenaga ternyata turbocahger bisa membuat irit..kenapa bisa begitu ❓ . Cekidot lurr :mrgreen:

Lurr dalam kerja mesin baik 2tak maupun 4tak, bensin atau diesel terdapat langkah overlap klep dimana klep masuk mulai membuka sedang klep buang belum dan akan menutup, sehingga ke dua klep membuka bersamaan.

Dalam langkah overlap klep berguna untuk pembilasan di ruang bakar, dimana gas segar masuk mendorong gas hasil pembakaran ( HP ) keluar sehingga ruang bakar lebih bersih.

Lurr dalam pemasukan karburator, timing penyemprotan tidak bisa diatur karena gas bakar masuk sesuai dengan hisapan kevakuman mesin, sehingga ketika overlap klep bensin segar masih bisa masuk dan bensinpun terbuang percuma.

Sedangkan pada injeksi, timing pemyemprotan bisa kita atur, kapan ia mulai (starton) kapan ia berhenti (endoff), sehingga kita bisa menyetel / maping timing injeksi ketika overlap klep masih belum starton, dan memulai ketika klep buang benar – benar menutup.

Disini kegunanaan turbocharger yaitu membantu pembilasan di ruang bakar dengan mendorong gas HP dengan udara sehingga ruang bakar tambah bersih. dan bisa meningkatkan prestasi mesin yang lebih.

Itulah tulisan saya

Mohon masukane lurr… matursuwun…  😎

12 thoughts on “#TURBOCHARGER LEBIH BERMANFAAT DIMESIN INJEKSI

  1. satu hal yang perlu dipikirkan bener-bener sebelum pasang turbo di mesin injeksi: tuningnya bisa berhari-hari. mengapa demikian? karena melimpahnya udara yang termampatkan oleh turbo akan tiba-tiba menyerbu manifold, sementara kecepatan akurasi sistem injeksi belom tentu bisa ngejar, hasilnya? mbrebet dan meletup-letup. kalo injeksi closed loop, masih mending karena sensor ada di minimal 3 tempat: manifold buang, sudut noken as dan posisi kruk as, itupun belom tentu cukup ketika dia tiba-tiba “disuruh” nambah bensin ketika gas dibejek tiba-tiba melewati 3000rpm dan udara mampat datang membludak…..

  2. ooooo…ngunu to..
    pembilasan ruang bakar bisa meningkatkan tenaga..
    prinsip dasare sedetrhana.tapi prakteke rumiiit.. :mrgreen:

mahon masukan komeng, saran, kritik..matur suwun