#APA BAHAYANYA BILA PENGGANTIAN OLI MESIN TERLALU LAMA


Bahaya oli dimesin tidak diganti terlalu lama, bisa mengurangi kuantitas maupin kualitas oli. Yang kita bahas kali ini adalah kualitas olinya.

Hasil residu pembakaran, pengaruh bbm, reaksi dengan udara sekitar bisa mempengaruhi kualitas oli. Penurunan kualitas oli itu adalah:

  1. TBN yang turun. Lurr disetiap oli mempunyai kadar TBN (Total Base Number) yang berbeda beda, yang dipengaruhi oleh jenis bbm’e, kualifikasi jenis mesin (heavy duty atau light duty), hasil pembakaran,  dll. TBN berguna menjaga tingkat keasaman mesin, dengan menetralisir tingkat keasaamanya. Nilai TBN akan berkurang sesuai jam pemakaian. Bila TBN kurang dari batas yang disyaratkan pabrikan mesin tingkat keasaman pada mesin tidak bisa dijaga, dan tingkat keasaman tinggi akan menjadi korosif pada mesin.
  2. Oli menjadi kental. Oli bisa menjadi kental karena terkontaminasi dengan air yang bisa dari kandungan air dibbm,kebocoran sistem radiator,  dan kelembapan udara. Oli yang kental bisa juga lhoo membuat sulit mengganti gigi, karena kampas dan pelat kopling terganggu untuk meregangkane (itulah salah satu sebab kenapa pergantan gigi jadi sulit di oli lama)
  3. Oli menjadi encer. Oli menjadi encer baiasanya karena tercemar bensin/solar.
  4. Gram gram yang bisa mengikis part dalam mesin

Itulah tulisan saya

Mohon masukane lurrr…matur suwun……

11 thoughts on “#APA BAHAYANYA BILA PENGGANTIAN OLI MESIN TERLALU LAMA

mahon masukan komeng, saran, kritik..matur suwun