Bahaya oli dimesin tidak diganti terlalu lama, bisa mengurangi kuantitas maupin kualitas oli. Yang kita bahas kali ini adalah kualitas olinya.
Hasil residu pembakaran, pengaruh bbm, reaksi dengan udara sekitar bisa mempengaruhi kualitas oli. Penurunan kualitas oli itu adalah:
- TBN yang turun. Lurr disetiap oli mempunyai kadar TBN (Total Base Number) yang berbeda beda, yang dipengaruhi oleh jenis bbm’e, kualifikasi jenis mesin (heavy duty atau light duty), hasil pembakaran, dll. TBN berguna menjaga tingkat keasaman mesin, dengan menetralisir tingkat keasaamanya. Nilai TBN akan berkurang sesuai jam pemakaian. Bila TBN kurang dari batas yang disyaratkan pabrikan mesin tingkat keasaman pada mesin tidak bisa dijaga, dan tingkat keasaman tinggi akan menjadi korosif pada mesin.
- Oli menjadi kental. Oli bisa menjadi kental karena terkontaminasi dengan air yang bisa dari kandungan air dibbm,kebocoran sistem radiator, dan kelembapan udara. Oli yang kental bisa juga lhoo membuat sulit mengganti gigi, karena kampas dan pelat kopling terganggu untuk meregangkane (itulah salah satu sebab kenapa pergantan gigi jadi sulit di oli lama)
- Oli menjadi encer. Oli menjadi encer baiasanya karena tercemar bensin/solar.
- Gram gram yang bisa mengikis part dalam mesin
Itulah tulisan saya
Mohon masukane lurrr…matur suwun……
kalo mesin si nabilah panas kira” kenapa ya mbah? -_-
banyak mas penyebape dr stelan AFR yg kering, oli yg kurang dll
kayanya AFR kekeringan deh soalnya ujung busi waktu itu saya liat warnanya putih tapi sampe skrng blm saya setting COnya lagi :v
Kalau di motor matic pengaruh e apa?
ya itu om dr gram gram yg banyak, sampai nilai TBN yg turun
aku 2 wulan pisan ki, telat opo ura mbah??
http://tegean.wordpress.com/2014/04/07/tren-modifikasi-warna-pelek-motor-2014/
2 bulan atau 2000km…
klu mesin bor ku telat ganti oli gimana mbah………………
sip apik kang tulisane…nice info…piye kang spedo ku kan mati tiap hari riding paling 26 km, apik e ganti oli tiap brp bulan… suwunn…
athohhh sambel trasi
kalo keseringan bahaya buat dompet