#TRANSMISI MATIK MOBIL III ( DUAL CLUTCH GEARBOX / DCT )


Inilah sistem transmisi matik yang paling saya senengi, walau saharuse urutane dari metik konvensional, saya lompati tuk bahas ini..Buooodddooo 😆 .

DCT sering disebut Direkt – Scahft – Getriebe / DSG *mugo – mugo  nulise bener 😛 (Jerman) Yang ngartine :  Direct Shift Gearbox.

Lurr,, bila kita mengganti gigi pada umume kita akan menginjak kopling dulu, dan melepaskan / merelese gigi tranmisi sebelume, setelah itu gigi geser akan masuk ke gigi yang kita inginkan baru kopling kita lepaskan. dari urutan kerja yang begitu panjang, menjadikan ada jeda cukup lama pada setiap pergantian gigi :mrgreen: .

Nah karena ada jeda yang lama, sehingga banyak lost energy, maka BMW mengaplikasikan tranmisi DCT pada kendaraannya (pada waktu pertama kali digunakan untuk Transmisi Getrag dual-clutch yang digunakan pada BMW M3, BMW 335is, BMW Z4 sDrive35i), menjadikan aklerasi tambah mlesat, dan RPM ketika pergantian gigi tidak berkurah / drop  jauh.

Lurr dalam tranmisi DCT, terdapat 2 as tranmisi, bagian  satu untuk tranmisi ganjil (1,3,5, R ) dan bagian lainnya untuk tranmisi genap(2,4,6 )dan bagian as bergerak bareng dengan puteran mesin.

f2008-06-213

Transmisi Getrag dual-clutch BMW

Cara kerja:

Secara garis besar cara kerjane : ketika kita mengganti gigi 1 ke 2, ECU akan mengaktfkan kopling dan gigi1 akan merelese ketika itu juga (pergantian gigi dalam waktu bersamaan) gigi 2 aktif, jadi tidak seperti tranmisi biasa yang harus merelese gigi sebelume setelah merelese gigi sebelume baru megaktifkan gigi yang diinginkan.

Dan pada motor yang sudah menggunakan ini adalah: Honda VFR 1200. lihat : ( http://tmcblog.com/2011/04/25/yamaha-dual-cluth-gearbox/ )

Itulah tulisan saya

Mohonmasukane lurrr…matur suwun 😎

10 thoughts on “#TRANSMISI MATIK MOBIL III ( DUAL CLUTCH GEARBOX / DCT )

  1. oooooooooooooo
    kunjungan pertama
    salam kenal
    ditunggu link baliknya

    .
    .
    .
    .
    ..
    .
    .
    .
    ..
    .
    .
    ..
    .
    ..
    .
    .
    ..
    .
    .
    ..
    .
    .
    .
    .
    ..
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .

    ..
    👿

mahon masukan komeng, saran, kritik..matur suwun