#PEMBANGKIT DARI PANAS KNALPOT KENDARAAN (TEG) DAN BISA MENJADI PENDINGIN


Sebelume kami redaksi https://cumabelajarngetik.wordpress.com/ mengucapkan selamat menunaikan puasa di Bulan suci bulan Ramadhan dan memohon maaf sebesar besare kesalahan kami.

Lur dalam perubahan energi kimia (bensin )  ke gerak dalam mesin internal combution, nilai efisinsi yang didapat sangat kecil, hanya sekitar 34% lihat:  https://cumabelajarngetik.wordpress.com/2013/03/30/pendinginan-mesinmerugikan-nahlooo/ 😛 . Maka dibuat teknologi agar efisiensine bertambah (contohnya dengan KERS, lihat: https://cumabelajarngetik.wordpress.com/2013/06/01/motor-honda-matic-cikal-bakal-motor-hybird/ ) dan penggunaan panas mesin yang dikeluarkan oleh mesin tersebut untuk menjadi energi.

Dan kali ini kita akan mencoba mempelajari bagaimana caranya panas yang dikeluarkan oleh kendaraan kita bisa dimanfaatkan???

Ditaon 1821, Thomas Johann Seebeck menemukan efek Seebeck (perbedaan suhu pada logam akan mengakibatkan electromagnet yang akan menghasilkn listrik (hk: Faraday)) ini bisa terjadi karena bila suatu logam salah1 sisinya terdapat perbedaan suhu yang besar, logam yang panas elektronnya akan mendesak menuju sisi logam yang dingin sehingga terjadi perbedaan tegangan, Inilah dasar dari termoelektrik generator (TEG) yang bisa kita gunakan untuk menghasilkan tenaga listrik, dari panas yang dikeluarkan dari kendaraan kita. Tetapi emang sulit mencari bahan yang mempunyai konduktivitas panas rendah (agar tercapai perbedaan suhu yang tinggi) tetapi mempunyai konduktivitas listrik yang tinggi.

Dan ternyata pada taon 1834, E, Peltir menemukan kebalikan efeck Seebeck bahwa: terdapat perbedaan suhu pada logam yang dialiri arus listrik, sehingga bisa digunakan sebagai pendingin alternatip.

peltier

Gambar peltier

Dan dari peryataan diatas peltier peltier pendingin dispencer bisa kita gunakan untuk menjadi TEG, yan bisa kita rangkai seri (ntuk menghasilkan voltase besar) ataupun pararel untuk menghasilkan arus yang besar. Tapi agar keluar berdaya besar butuh perbedaan suhu antara satu sisi dengan sisi lainnya sehingga butuh heatshink.

 

itulah tulisan saya …..

Mohon masukane lurrr,,,matursuwun..  😎

 

15 thoughts on “#PEMBANGKIT DARI PANAS KNALPOT KENDARAAN (TEG) DAN BISA MENJADI PENDINGIN

mahon masukan komeng, saran, kritik..matur suwun