#PENGARUH KERGANGAN BUSI


Lurr, keregangan busi antara center elektroda dan elektroda mempengaruhi kinerja mesin bakar.

Bila kita meregangkan elektroda, maka jarak elektroda dan center elektroda makin jauh, sehingga butuh voltase/tegangan yang tinggi untuk menghasilkan api busi, maka kejadian missfire (gagal menciptakan api busi) bisa lebih sering terjadi, tetapi api busi yang dihasilkan bisa lebih fokus, tajam, api busi tidak pecah, karena kesempatan untuk menghasilkan api busi jadi jarang sehingga api busi bercabang jadi sulit tercipta. Sehingga bila kita menginginkan lebih tenaga, maka busi agak diregangkan sedikit bisa diterapkan, seperti yang tahu dibahas di Otomotifnet: http://motor.otomotifnet.com/read/2012/05/10/330651/39/13/Tes-Kerenggangan-Busi-Enak-Rapet-Atau-Nangkang. Tetapi pengapian harus baik.

Bila kita merapatkannya, jarak elektroda dan center menjadi dekat, sehingga dengan tegangan/voltase kecil pun bisa menciptakan api busi, api busi kurang fokus/ tidak tajam, karena kesempatan menciptakan api busi lebih mudah. merapatkan gap busi bisa kita terapkan bila pengapian kita bermasalah (kepepet 😆 darurat 😛 ).

 

 

Graphic2Uji coba macam-macam keregangan busi pada Kijang 5K  1500cc

Itulah tulisan saya…

Mohon masukane lurrr ……..matur suwun…..

mahon masukan komeng, saran, kritik..matur suwun