#TRANMISI MATIK PADA MOBIL I


Pabrikan mobil sekarang banyak memberikan kepraktisan untuk berkendara, apa lagi jalanan makin macet, mobil yang praktis semakin banyak diminati.

salah satu kepraktisan berkendara yang di tawarkan *ga pake roti  😆 , adalah tranmisi matik, yang membuat kaki kiri kita nganggur 😛 .

Didalam tranmisi matic ada 2 macam, yaitu memakai converter dan CVT.

Lurr..tranmisi matik padahal ada kopling / clutch yang digunakan untuk memutus dan menghubungkan tenaga mesin ketika ganti gigi atau ketika momen puntir dalam kruk as kurang tuk memutar beban. Dan pada mobil menggunakan Torque converte.

Torque converter adalah 3 buah baling baling bambu 😛  : impereler, stator, dan tubin yang akan berputar dengan media oli tranmisi.
Cara kerjanya adalah : coba sampean taruh 2 kipas, saling berhadapan, bila kipas satu (kita namai kipas A )dinyalakan / berputar aliran angin / fluida akan memutar kipas lainya (kita jenenge kipas B )

Picture3

dan bila kita balik mengunakan corong agar angin tang berhembus kembali kebelakang kipas A, maka angin itu akan lebih besar.karena angin dari kipas A dan angin dari corong.

Picture4

Begitu juga dengan torque converter, Impereler berputar sesuai perputeran bandul akan menggerakan turbin (turbin berhubungan dengan tranmisi ).

Picture5

Stator ditengah tidak bisa bergerak lain arah (tdk bisa berlawanan dg inpereler)

Dan fungsi  stator (di dalam stator terdapat one way cutch {hanya bisa berputar satu arah } dia akan menguatkan puteran fluida, sehingga turbinakan berputar kuat.

Itu baru perangkat kopling..bagaimana dengan gigi tranmisinya???teruslah mengikuti blog ini :mrgreen: .

Itulah tulisan saya..

Mohon masukane lurr..matur suwun.. 😎

13 thoughts on “#TRANMISI MATIK PADA MOBIL I

mahon masukan komeng, saran, kritik..matur suwun