#MOTOR HONDA MATIC CIKAL BAKAL MOTOR HYBIRD??


Lur … sekarang ini sudah berkembang sistem Kinetic Energy Recovery Sistem ( KERS ) atau menyimpan energi yang terbuang ketika kendaraan saat mengerem.

Sebelum itu kita ingat ilmu fisika tentang Hukum kekekalan energi: energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat  dimusnahkan, tetapi energi dapat berubah dari bentuk satu ke bentuk lainnya. Ketika kita mengerem kendaraan gaya kinetik berupa mometum tidak hilang , tetapi berubah menjadi energi panas yang sia sia. Disinilah cikal bakal munculnya ide KERS., yaitu bagaimana memanfaatkan momentum pada pengereman.

Lur bila kita memutar bak, berisikan aer atawa banyu 😛 , aer itu akan bergerak sesuai dengan dengan pergerakan bak, dan bila bak itu kita hentikan tiba – tiba aer didalam bak akan terus bergerak selang waktu karena masih ada momentum. Prinsip ini yang diambil untuk meciptakan siten KERS. (btw tenaga KERS yang dihasilkan cukup besar, pernah tim crew BMW SAUBER kesetrum hingga black out, ra droupout 😆 pada pengetesan KERS di mobil F1 di Jeres, Spanyola 2009 :mrgreen: )

KERS pada dasarnya ada 2 macam ; elektrik mekanis. Dimana gaya kinetik di simpan dalam bentuk listrik oleh batrey: dan fullmekanis, dimana gaya kinetik akan  di simpen pada flywhell, ada juga yang memanfaatkan pegas torsi.

Lurr..pada Honda teknologi KERS di namakan : Plus Sport System (PSS), yang juga tertanam di mobil HONDA CR-Z. Yang bisa dinamakan powerbost, tenaga tambahan untuk meningkatkan daya mesin.

Pada sistem PSS Honda, Mereka memakai sistem elektrik mekamis yang di simpan pada lithium-ion., dan bila energi listrik sudah cukup terkumpul banyak, akan memutar motor listrik,pada saat tombol panel PSS di pencet..cceettt 😛 .

Lurr..ternyata bentuk alternator / magnet Honda CR-Z menyerupai dengan alternator ACG Honda matik, Persamaan utu adalah adanya 18 kumparandi stator, dan flywhell, di dalam flywhell terdapat magnet, yang bisa menghasilhan listrik (bila flywhell berputar) dan menjadi energi kinetik (ketika stator  dialiri listrik / ACG ).

2011cr-z008technical-copy

Alternator Honda CRZ

20120320-ACG-2

Alternator Honda Vario 125 ISS

Cukup menambahkan Intergreted Motor Asist ( IMA ) motor listrik yang diputar dari listrik hasil sisitem PSS. Bila ingin merubah motor matic Honda menjadi motor hybird

Kenapa saya menyebutkan matic pada cikal bakal motor hybird, motor matic lebih cocok karena engine break / pengereman mesin pada motor bertranmisi CVT, lebih kecil dibandingkan motor bertanmisi biasa, sehingga pengurangan momen puntir di flywheel tidakbegitu besar. Bisa saja sihh kendaraan bertanmisi biasa memakai sistem ini, tapi menambahkan  kopling / clutch yang bisa memutus sambung secara otomatos ketika deselrasi (menurut saya penambahan one way clutch juga bisa)

Lur itulah tulisan saya…

Mohon masukane lurrr…matursuwun 😎

20 thoughts on “#MOTOR HONDA MATIC CIKAL BAKAL MOTOR HYBIRD??

  1. Ak perdah baca susuki udah buar yg begituan tapi kok terus tidak ada beritanya. Harusnya kalo honda mau tinggal tambah sistem ima jadi deh mtor hybrid. Kenapa tidak sekalian di tambah ima???

    • Ok……ana jg sependapat ……..q pikir jg masih harus meningkatkan juga rpm motor listriknya luur……kebiasaan pabrikan emang suka ngumpetin teknologi… klo dikeluarin sekarang ya harga motornya ga ngangkat.wong hanya tambah swit iss di handel gas saja udah naik harga selangit…apa lagi klo ada embel2 hybrid ….bisa di bayangin harga vario nantinya… padahal hanya perubahan kecil yg tadinya sdh dipersiapkan sejak vario125 pertama kali di keluarkan……..

mahon masukan komeng, saran, kritik..matur suwun