#TRANMISI MATIK PADA MOBIL II


Di tulisan dulu kita udah belajar tentang kopling tranmisi matic.  . Sekarang kita belajar bagaimana gigi – gigi pada tranmisi matic..cekidottapijokecekot lurr 😆

Bila pada tranmisi matic gigi tranmisi berupa planetery gear. Gear – gear planetery berbentuk gugusan planet, dan mempunyai ukuran berbeda, sehingg mempengaruhi kecepatan puteran dan torsi.

Planet gear ini berhubungan dengan planet gear lainnya sehingga berbentuk seperti ini :

Graphic1c

cara kerjane :

Di planet gear tidak ada gigi geser seperti tranmisi manual. Dia hanya tidak mengaktfkan salah satu gigi di matikan / tidak berputar, bisa dengan semacam kopling ataupun rem yang mencatok *bukan catok rambut 😆 biasanya medianya oli tranmisi, yang menjadikan perbandingan gigi / gear ratio berubah menjadi berat, atau ringan atau mundur.

Bila ring gear dimatikan, yang muter hanya sun gear yang digerakan planet gear, sehingga perbandingan tambah enteng. Dan aklerasi mantap, torsi besar, tapi dk kurang ( lihat gambar ).

Graphic2

Dan bila sun gear dimatikan, maka ring gear bergerak di gerakan planet gear, sehingga perbandingan ratio akan menjadi berat.

dan bila planet gear dimatikan maka yang seharusnya bergerak searah jarum pada sun gear dan ring gear..akan berputar berlawanan arah jarum, dan akan menyebabkan atret 😆 atawa mundur.

Lur itu hanya ganbaran planet gear yang sederhana, bila gigie lebih dari 2 maka planet gearnya yang berjejeran  makin banyak.

Bagaimana dengan CVT. CVT hampir sama dengan CVT  motor (ga usah di jelasne yooo :mrgreen: ). Mobil yang memakai CVT diantaranya : Honda Jazz 2003, Nisan X-Trail, dll

Dari sini akan dikembangkan menjadi tranmisi metik konvensional, metik elektronik ( tiptronik, steptronik ),  Autometed manual tranmisi, dan dual cutch gearbox ( satu  ini yang saya paling suka karena penggantian yang cepat, RPM ketika ganti gigi  tidak turun banyak ).

Itulah tulisan saya

Mohon masukane lurr…matursuwun.. 😎

6 thoughts on “#TRANMISI MATIK PADA MOBIL II

mahon masukan komeng, saran, kritik..matur suwun