KENAPA PEAK TORSI DAN POWER BERADA DI RPM BERBEDA


Hehehehe….. timbang lagi galau soal FBku seng d blokir lebih baik nulis…HAYABUSAAAAA…
Sering kita lihat peak torsi dan peak power(dk) tidak berada pada RPM yang sama, Seperti jupitarMX (old) Torsi Max 11,65. kge.m / pada 5500 RPM sedang Power Max adalah 11,34 hp / 8500
Karena kalo torsi berdasarkan atas bentuk profil noken as seperti lift, durasi, ataupun overap klep yang menentukan dimana torsi puncak dari sebuah mesin. makin besar durasi noken as peak torsinya makin berada di RPM tinggi.
noken as
Gambar nokenas garapan RAT sidoarjo.

Sedangkan kalo Power puncak ditentukan dari bentuk porting masuk dan keluar pada silinder head. RPM puncak dipengaruhi dari CFM / gas speed, besar portingan makin besar portingan makin tinggi power puncak berada.

gambar porting masuk (wikipedia)
Ya itulah pembahasan kali ini kalo bingung podo aku juga bingung jadi sama-sama bingung…HIDUP BINGUNG,,,XIXIXIXI
Tak enteni masukane lur…………..

6 thoughts on “KENAPA PEAK TORSI DAN POWER BERADA DI RPM BERBEDA

  1. kayaknya lebih tergantung dengan panjangnya langkah piston. semakin pendek langkah, semakin tinggi putaran bisa tercapai, semakin rendah torsinya. misalnya mesin f1, langkah cuma sekitar 4cm, diameter hampir 10cm, tenaga bisa sampe 800dk di 19ribu rpm, torsi cuma sekitar 27nm di 15ribu rpm, sama kayak mobil biasa seperti fortuner, hanya torsi fortuner dicapai pada 3800rpm..

  2. ralat, torsinya 27kgm di sekian ribu rpm..

    eh, torsi jupiter mx seharusnya cuma 1,1 kgm, bukan 11 kgm.. kalo 11 seharusnya pake satuan nm..

mahon masukan komeng, saran, kritik..matur suwun

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s