Disini memebahas tantang pangapian sepeda motor. speti efek pemakean koil, busi, kabel racing,efek memakai CDI shogun kebo,
Sering pnggemar kecepatan/speed lover untuk meningkatkan kemampuan montore sering menganti pengapian yang bebau cacing…eh racing.atau juga cdi tungganganya diganti dengan CDI Shogun 110. Tapi sering mengabaikan efek dari pemakaian barang tsb. dan pada kesempatan ini kita akan menjelaskan efek pemakaian barang tersebut.
Pemakaian koil, busi, kabel racing memang meningkatkan tenaga montor tapi peningkatanya hanya sedikit , sekitar0,02-0,04 HP saja, sangat kecil. Dan bila kita memakai brg tersebut tanpa mengatur ulang karburator bisa berdamppak merusak mesin karena dengan api yg besar, tapi suplai bahan bakar yg masuk mesin masih sama dg standart bisa meyebabkan campuran bb menjadi kering/lean, disebabkan bahan bakar di ruang bakar terbakar habis(ingat mesin merlukan gas balik di knalpot untuk siklus berikutnya). Jadi boleh mengunakan koil racing tetapi harus mnyetel ulang karburator.
Dan efek dari pemakean CDI shogun kebo/110 adalah kerena CDI itu tidak mempunyai limiter/unlimiter emang tenaga mesin tidak tertahan Tapi CDI shogun masih mengunakan sisitem analog belum digital seperti montor jaman sekarang. CDI analog bisa kita lihat dari tonjolan magnet (pick up pulser) yang pendek(+- 14mm) daripada digital yg pick up pulsernya panjang (+- 38mm). CDI analog dalam maju mundurnya pengapian hanya pada awal dan akhir tonjolan . Tidak eperti CDI digital perubahan timing bisa setiap 500rpm bahkan 100rpm. SEhingga tidak ada kekosongan tenaga diantara rpm bawah dan atas kerene timing pengapian sesuai dg kebutuhan mesin. Bahkan CDI digital sekarang maju mundurnya pengapian juga diatur oleh naik turunnya skep karburator serta tergantung posisi persneleng.
Itulah pemnbahasan saya mengenai pengapian posting berikutnya juga mngenai pengapian, yeitu efek pengapian CDI racing.
Saya tunggu masukan sederek-sederek.
nice info
matur suwun kang
ajiib..nice share 😀
mmakasih ooom..
megison rung kuat ganti cdi sogun kebo, larang tur langka
http://pertamax7.wordpress.com/2012/05/16/perolongan-pertama-pada-baut-yang-slek-alias-doll/
hari gene sek gawe CDI analog
Ping-balik: Ternyata CDI dan Karburator New Satria FU 2013 Beda dengan yang lama.. | Bakul Kangkung Jpr
apa masalah nya motor shogun 110 saya setrum ny kecil ..
cdi biasa bagus gak,, untuk,, shgoun 110 R
pada dasarnya semua sepedah motor bisa saling tuker CDI tinggal di modif tonkolan magnet.dan jalur perkabelan
Pantesan ya motor inyong bolak-balik ganti busi racing berbagai merk,kok topspeed malah gak nyampai 90km/jam.slain itu untk mencapai antara 70km/jam jd lama.
stelah saya coba balik lg pakai busi standar bawaan motor,topspeed untk mencapai 90-100km/jam cepat,heran.
Delok seng joki ngunu ae…fu qw cuma ganti per kopling smash tak cobak lawan rx king kohar, 1 2 3 sama-sama jemping 4 e libass. Fu babe menang
jajal ne karo kaze r ku po piye mz bro…,?over size 150
Mas bro, numpang tanya ne bro
gmana cara merubah pengapian tvs rock z, saya mau pake cdi sh0gun mas br0,
dan gmana dgn top speed ny bertambah/gx
thank mas bro
bisa ae mas, kalo lah top speed tergantung dr gas speed. bila kaya camshaft, karbu, knalpot, klep tidak dirubah akan membatasi RPM
makasih atas saran nya boos
mana gambarnya mas ??
gan mau nanya kalo CDI Shogun kebo make Koil CLD bisa gak gan
Thx
GBU
Kalo pake CDI nya lokal gimana om? punya saya suka limit terus